SEPUTAR PENDIDIKAN

SEPUTAR PENDIDIKAN


 
PortalIndeksPendaftaranLogin
Latest topics
» KIAT MENJADI MURID YANG SUKSES
Tue Jan 10, 2012 7:40 pm by klicks

» CARA MEMBUAT WEBSITE/BOG GRATIS PENGHASIL UANG
Fri Nov 25, 2011 6:36 pm by klicks

» MEMPERBAIKI PONSEL MATI TOTAL KARENA AIR
Thu Nov 24, 2011 1:09 am by klicks

» PONSEL BOROS BATTERY
Thu Nov 24, 2011 1:07 am by klicks

» PONSEL TIDAK BISA KELUAR RINGTONES
Thu Nov 24, 2011 1:04 am by klicks

» SIM CARD TIDAK TERBACA OLEH PONSEL
Thu Nov 24, 2011 12:55 am by klicks

» SISTEM JUMPER PADA HANDPHONE
Thu Nov 24, 2011 12:52 am by klicks

» TEORI NILAI
Tue Jun 28, 2011 12:02 am by klicks

» ISLAMISASI SAINS
Mon Jun 27, 2011 11:56 pm by klicks

Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Keywords
Affiliates
free forum

December 2016
MonTueWedThuFriSatSun
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
CalendarCalendar

Share | 
 

 KEMAMPUAN MENGANALISIS DALAM PEMBELAJARAN

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
klicks
Admin


Jumlah posting : 25
Points : 72
Reputation : 0
Join date : 27.06.11

PostSubyek: KEMAMPUAN MENGANALISIS DALAM PEMBELAJARAN   Mon Jun 27, 2011 11:16 pm

Kemampuan menganalisis dapat diartikan sebagai kemampuan individu untuk menentukan bagian-bagian dari suatu masalah dan menunjukkan hubungan antar-bagian tersebut, melihat penyebab-penyebab dari suatu peristiwa atau memberi argumen-argumen yang menyokong suatu pernyataan.

Kemampuan Menganalisis dalam Pembelajaran

Kemampuan menganalisis merupakan salah satu kemampuan kognitif tingkat tinggi yang penting untuk dikuasai siswa dalam pembelajaran. Secara rinci Bloom mengemukakan tiga jenis kemampuan analisis, yaitu :

1. Menganalisis unsur:

* Kemampuan melihat asumsi-asumsi yang tidak dinyatakan secara eksplisit pada suatu pernyataan
* Kemampuan untuk membedakan fakta dengan hipotesa.
* Kemampuan untuk membedakan pernyataan faktual dengan pernyataan normatif.
* Kemampuan untuk mengidentifikasi motif-motif dan membedakan mekanisme perilaku antara individu dan kelompok.
* Kemampuan untuk memisahkan kesimpulan dari pernyataan-pernyataan yang mendukungnya.

2. Menganalisis hubungan:

* Kemampuan untuk melihat secara komprehensif interrelasi antar ide dengan ide.
* Kemampuan untuk mengenal unsur-unsur khusus yang membenarkan suatu pernyataan.
* Kemampuan untuk mengenal fakta atau asumsi yang esensial yang mendasari suatu pendapat atau tesis atau argumen-argumen yang mendukungnya.
* Kemampuan untuk memastikan konsistensinya hipotesis dengan informasi atau asumsi yang ada.
* Kemampuan untuk menganalisis hubungan di antara pernyataan dan argumen guna membedakan mana pernyataan yang relevan mana yang tidak.
* Kemampuan untuk mendeteksi hal-hal yang tidak logis di dalam suatu argumen.
* Kemampuan untuk mengenal hubungan kausal dan unsur-unsur yang penting dan yang tidak penting di dalam perhitungan historis.

3. Menganalisis prinsip-prinsip organisasi:

* Kemampuan untuk menguraikan antara bahan dan alat
* Kemampuan untuk mengenal bentuk dan pola karya seni dalam rangka memahami maknanya.
* Kemampuan untuk mengetahui maksud dari pengarang suatu karya tulis, sudut pandang atau ciri berfikirnya dan perasaan yang dapat diperoleh dalam karyanya.
* Kemampuan untuk melihat teknik yang digunakan dalam meyusun suatu materi yang bersifat persuasif seperti advertensi dan propaganda.
Kembali Ke Atas Go down
http://klicks.dk-one.com
 
KEMAMPUAN MENGANALISIS DALAM PEMBELAJARAN
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Vlad Dracula " Kisah Nyata Pembantai Umat Islam Dalam Perang Salib
» WTA >> cara pasang plat no di dalam windshield
» Tips Berguna di Kehidupan Sehari-hari
» IGO... seni menyerang, bertahan dan memperluas wilayah...
» MOHON BANTUANNYA DENGAN SANGAT!!!!!

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SEPUTAR PENDIDIKAN :: SEPUTAR PENDIDIKAN-
Navigasi: